Ngopi - LINDA

Sudah nggak asing lagi kan mendengar dan membaca tulisan diatas. Sobat, udah pada tau belum apa sih ngopi itu ?? Nah ini dia, ngopi itu aktivitas nongkrong di warung kopi. Aktivitas ini bisa menyita waktu sampai 3 kali sehari lho, mulai dari pagi hari, siang hari sampai malam hari tiba. Pagi hari pun, sebelum memulai aktivitas baik kuliah maupun kerja masih di sempat-sempatkan untuk singgah sebentar di warung kopi. Hanya untuk bisa merasakan hangatnya seseduh kopi di pagi hari yang dingin. Ngomongin masalah ngopi nih Sobat, ada baik dan buruknya juga lho buat para Sobat yang gemar banget ngopi. Ambil dari sisi positifnya dulu yuk……

Ada banyak sekali sisi positif yang kita ambil dari ngopi, secangkir kopi yang benar-benar baik dapat membantu seseorang memberikan semangatnya sebelum memulai harinya. Selain itu Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari cenderung hidup lebih lama. Bahkan, risiko kematian akibat penyebab paling umum menurun sebesar 10 persen ketimbang mereka yang tidak minum kopi. Jika menurut pakar kesehatan manfaat kopi bisa mengurangi risiko lebih dari satu penyakit. Misalnya nih :


# Kanker, riset menunjukkan bahwa kopi mampu mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan juga usus besar.

# Sirosis, kopi melindungi hati dari sirosis terutama sirosis kecanduan alkohol.

# Penyakit Parkinson, para peminum kopi memiliki risiko terkena Perkinson sangat lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

# Fungsi Kognitif, meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan.

# Diabetes, dapat mengurangi risiko terkena diabetes 50% asalkan tidak berlebihan kandungan kadar gula yang diminum.

# Selain memiliki sisi positifnya, sisi negatif juga punya peran penting untuk Sobat ketahui. Mulai dari:

# Bahaya kopi yang berkepanjangan, dalam 100 mg kafein (secangkir kopi) dapat meningkatkan tingkat metabolisme 3-4%. Bukan hanya untuk Sobat laki-laki yang gemar ngopi, tapi untuk para

# Sobat wanita harus hati-hati dengan mengonsumsi 300 mg kafein setiap harinya memiliki kesempatan 27 persen lebih rendah untuk hamil dibandingkan dengan mereka yang terbebas darinya.

# Kafein membuang kalsium melalui urine yang selanjutnya merosotkan kekuatan tulang dan menjadikannya tulang mudah rapuh.

# Keseluruhan dari kopi yang memiliki dampak positif dan negatif. Ada kalanya Sobat dapat mengurangi mengonsumsi kopi setiap hari, agar Sobat dapat hidup sehat.


Diantara manfaat dari pakar kesehatan, ngopi memiliki makna yang paling penting buat pengalaman saya pribadi nih Sobat. Ngopi di warung kopi tidak hanya sekedar duduk ngobrol dengan teman sebaya, Sobat juga bisa mendapatkan pengalaman baru, bersosialisai dan berinteraksi antar individu. Pengalaman saya awal dari suka ngopi karena ajakan seorang teman yang hobinya nongkrong di warung kopi. Jangan salah Sobat, ajakan teman saya ini tujuannya untuk mengajak bersosialisasi dengan makhluk sosial lainnya, dengan kata lain agar kita dapat bertukar pendapat dan menambah wawasan dalam belajar atau ide yang menimbulkan kreafititas. Bukan hanya dari buku dan dari internet, Sobat bisa langsung menayakan persoalan apa saja yang kita miliki entah itu tentang pembelajaran matakuliah yang susah atau masalah pribadi misalnya dengan pacar. Selain itu Sobat, ngopi bisa mempererat tali persaudaraan dan menyambung silaturahmi lho…… !!! Misalnya, jika Sobat mengikuti organisasi yang ada di kampus maupun diluar kampus pasti ada persoalan yang harus dibahas. Dari berbagi persoalan biasanya organisasi tersebut memilih ngopi bersama dengan anggotanya untuk membahas persoalan yang ada diorganisasi secara bersama-sama. Tujuannya adalah agar anggota dalam organisasi tersebut mengenal satu sama lain dan dapat berinteraksi antar individu. Secara tidak langssung Sobat akan melalui proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat itulah yang disebut dengan bersosialisasi. Dari situlah tali persaudaraan terhubung dan saling mempererat siturahmi.Bersosialisasi dengan cara ngopi bersama akan lebih menyenangkan dan punya banyak manfaat. Tapi untuk para Sobat wanita alangkah baiknya jika tidak terlalu sering ngopi atau nongkrong di warung kopi yang jika tidak ada manfaatnya, sebab akan menimbulkan banyak mudharat.


Sobat sudah taukan manfaat dari ngopi, ada orang bijak mengatakan ‘kerja yang baik akan menimbulkan hasil yang baik pula’ dan waktu yang Sobat gunakan untuk mengopi gunakalanlah sebaik mungkin. Maka seseduh kopi untuk waktu kebersama

0 komentar:

Posting Komentar