ARTI HADIR [MU] SAHABATKU...

Oleh : M Nurhasan Rasyid

Yang saya ketahui tentang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ini adalah sebuah organisasi yang latar belakangnya adalah ingin menciptakan mahasiswa yang berwawasan luas, intelektual, kritis dan mandiri serta masih tetap berpedoman ajaran  – ajaran islam di dalamnya atau lebih khususnya ASWAJA. PMII adalah organisasi yang berlandaskan ASWAJA, PMII disini adalah salah satu dari beberapa organisasi yang mengatasnamakan ASWAJA sebagai landasan berfikirnya.


PMII mengajarkan banyak cara tentang kehidupan bermasyarakat, kita di ajarkan toleransi yang tinggi atas apa yang ada atau bersinggungan dengan landasan ASWAJA. Kita di ajarkan kritis
dan mencari solusi atas masalah – masalah yang ada, akan tetapi juga tidak menimbulkan masalah baru dalam penyelesaian atau mencari solusi.

Pelajaran lain yang kita dapat dari sebuah organisasi adalah pelajaran birokrasi dan juga leadership, pelajaran yang kita dapat dalam berorganisasi adalah pembekalan diri dalam menghadapi
dan menjalani kehidupan bermasyarakat dan dunia kerja.  Kita di ajarkan mampu untuk mengenal karakter orang dan dapat memposisikan diri dalam keadaan atau situasi apapun, diajarkan untuk  menyesuaikan diri dengan lingkungan, diajarkan untuk melatih mental jika berhadapan dengan banyak orang seperti halnya diskusi.

PMII menginginkan pada setiap kadernya bermanfaat bagi banyak orang, bertanggung jawab dengan apa yang telah dilakukan, menjadi contoh yang baik dalam masyarakat. Organisasi ini penting buat kita, banyak manfaat yang di dapat dari ikut organisasi seperti yang saya terangkan di atas. Terkadang banyak orang beranggapan ikut organisasi ekstra itu adalah hal yang tidak penting dan buang – buang waktu, karena di organisasi ekstra (luar kampus) itu dalam setiap apa yang telah kita capai tidak mendapat reward. Beda dengan kita ikut organisasi intra (dalam kampus) setiap kegiatan yang dilakukan dan kegiatan tersebut sukses kita bakalan mendapat reward dari dosen  – dosen juga masyarakat kampus. Di situlah sebenarnya pelajaran besar yang kita dapat, kita ikut organisasi ekstra dan mengikuti setiap kegiatan tapi tanpa imbalan apapun, kita diajarkan ikhlas dengan bekerja atas kesadaran diri demi memajukan nilai suatu organisasi itu sendiri.

Sebuah organisasi juga membutuhkan peran para angggotanya untuk ikut memajukan, mengelola organisasi tersebut, dengan itu setiap organisasi pasti melakukan regenerasi anggotanya untuk setiap tahunnya, hal tersebut dilakukan untuk keberlangsungan sebuah organisasi itu sendiri. Organisasi tidak akan bisa hidup tanpa adanya anggota, adanya anggota pun tidak bakalan menjamin kesuksesan sebuah organisasi mempertahankan pamornya di kalangan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar