MEMAHAMI PMII DAN PROSESNYA

Oleh: Satria Wiratama
 

Assalamualaikum Wr Wb
PMII adalah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dimana PMII ini salah satu oraganisasi extra kampus yang memiliki basis islam dan disitulah saya berproses untuk memahami  organisasi itu apa??bagaimana cara kerjanya??untuk apa ada organisasi,karena saya belum pernah ikut suatu organisasi sama sekali selama sekolah.

Selama saya di PMII Alhamdulillah saya  lumayan mengerti banyak tentang  kepanitiaan suatu acara mungkin seperti  bidang perlengkapan yang mengurus  tentang semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam acara tersebut, diberi tanggung jawab untuk mencari dana dalam suatu acara dan lain sebagainya.Tidak hanya itu,disana juga mengajarkan tentang keislaman mungkin seperti yasinan rutin setiap malam jumat,pengajian dll.  Masih ada lainnya seperti diskusi membahas suatu
permasalahan yang sedang terjadi saat ini,tentir untuk ujian dan lain sebagainya..Itu beberapa yang diberikan PMII untuk saya khususnya untuk semua anggota umumnya. Dalam PMII saya mendapatkan landasan berpikir dan bergerak yaitu Nilai Dasar Pergerakan (NDP) yang  diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar lebih bisa mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dengan ketauhidan dan habluminaallah, agar lebih bisa bersosialisasi dan saling membantu terhadap sesama umat manusia dengan habluminannaas, agar lebih bisa menjaga dan melestarikan apa yang telah diberikan ALLAH SWT terhadap umat manusia bumi dan seisinya dengan habluminalalam. Tidak hanya itu PMII juga mempunyai  Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) yang kurang lebih saya ketahui dan saya pahami ada 4 yaitu toleransi,seimbang,adil,moderat,amal ma‟ruf nahi mungkar dimana semua itu saling keterkaitan satu sama lain karena  Aswaja  adalah patokan seorang PMII untuk berfikir,berucap dan bertindak dalam pergerakan.Semua itu adalah produk-produk dari PMII yang disediakan untuk menjadikan manusia yang ulul albab (saya tahu dan pernah dengar tapi belum paham tentang ulul albab).Harapan dari saya agar kaderisasi  di PMII ini bisa lebih baik dari sebelum2nya dan bisa mengayomi semua anggotanya dengan baik.Ada beberapa kritik dari saya mungkin tentang pengkaderan di PMII khususnya Rayon Ekonomi. Selama saya menjadi anggota PMII yang saya lihat pengkaderan hanya diperuntukkan beberapa  orang anggota  (khusus),tidak semuanya, bisa dibilang ada maksud tertentu,sedangkan anggota  selain yang khusus tadi hanya diajak dalam suatu kegiatan. Dari masalah tersebut bisa saya simpulkan menurut pemahaman saya hanya sebagian, malah sedikit anggota maupun pengurus yang benar-benar  paham dan mau menerapkan Aswaja sebagai pola dalam mengkader  yaitu ADIL. Apakah seorang PMII hanya paham saja tentang apa yang diajarkan tanpa harus  mengaplikasikannya dalam  tindakan?? Permasalahan lainnya tapi bisa dibilang ini pertanyaan. yang saya lihat tentang bagaimana kita menyikapi perbedaan organisasi  ekstra, banyak yang bilang rival ada yang menyebut musuh dll dan dalam organisasi intra kampus mereka bisa dibilang disingkirkan,  kenapa harus begitu??  katanya kita merebut tempat  diorganisasi intra untuk kepentingan mahasiswa FE tapi  kenapa tidak bisa berjalan berdampingan dengan organisasi ekstra yang lain untuk membangun bersama-sama  walaupun PMII yang mengendalikan penuh sebagian organisasi intra di FE??  permasalahan ini juga menurut saya tidak sesuai NDP yang diajarkan. Mungkin hanya sekian dari saya, apabila ada salah kata atau ucapan yang mungkin tidak enak saya minta maaf..

Waalllahul muwafiq illa aqwamithoriq

Wassalamualaikum Wr Wb

0 komentar:

Posting Komentar